Friday 5 December 2014

Cara menambahkan dan mensetting CD Repository pada Linux Debian


Kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai "Cara menambahkan dan mensetting CD Repository pada Linux Debian" , Yang harus disiapkan sudah pasti CD Repository Debian. Kira-kira ada 3 Keping CD Repo. Disini saya menggunakan software Virtual Box sebagai virtual OS nya.

Repositori adalah Data dimana didalamnya terdapat paket install aplikasi yang dibutuhkan untuk di install pada linux.

jadi apabila kita sudah mempunyai CD repo, kita bisa install aplikasi2 yang sudah tersedia di CD, tetapi bila tidak ada bisa install melalui media Repository Online.

Silahkan simak materi berikut :

1. Cara menambahkan dan mensetting CD Repository pada Linux Debian

2. Login Dahulu lalu Masuk ke Root dengan ketik #su


3. Jika sudah, untuk mengecek CD Repo yang sudah ada bisa ketik #nano /etc/apt/sources.list

4. Nah ini adalah tampilan Pada gedit Repo. Repositori terdapat 2 macam, yang pertama menggunakan CD, dan kedua menggunakan Server Online

5. Sebelum kita menambahkan CD nya, kita masukan dahulu CD nya dengan cara klik gambar cd di bagian bawah virtual box, lalu klik yg choose a virtual CD/DVD disk file...

 6. Jika sudah kita masukan CD Repo nya satu per satu.

7. Setelah CD sudah masuk, Kita tambahkan dengan menggunakan perintah #apt-cdrom add, Lalu enter

8. Ini adalah tampilan Daftar repo yang sudah ada, disitu bisa dilihat ada yg "deb cdrom:[Debian GNU/Linux 7.4.0 _Wheezy_ -........................DVD Binary-1"
nah itu adalah DVD Repo yang tadi kita tambahkan, kita bisa tambahkan DVD kedua dengan cara yang sama, begitupun sampai ke tiga. dan apabila ingin menginstall lewat DVD Repo, bisa kita non aktifkan yg online nya dengan menambahkan tanda # didepan bacaannya, nanti tulisannya akan berubah menjadi warna biru seperti di gambar, itu tandanya sudah di non aktifkan.

Sekian Tutorial ini, untuk lebih lengkapnya bisa dilihat Video Tutorialnya Di YOUTUBE

0 comments:

Post a Comment