Wednesday 18 April 2018

Tugas Softskill | Menanggapi Aplikasi Startup Masa Kini

Menanggapi Salah Satu Aplikasi Startup
(Kelebihan dan Kekurangan)




Deni Afriansyah
51416807
2IA03

Pengantar Web Science
Teknik Informatika
Universitas Gunadarma



Note : Tulisan ini tidak bersifat mengkritik atau menjelekan suatu instansi/perusahaan, tulisan ini hanya dibuat untuk memenuhi tugas kuliah Pengantar Web Science pada semester ini.



Perkembangan Dunia Startup saat ini sangat berkembang pesat, dari mulai bidang jual beli online, kredit online, dan transportasi online. Salah satunya ialah Go-Jek. Ya. Siapa yang tidak tahu dengan perusahaan Transportasi terbesar di Indonesia ini. Berkat inovasinya yang sangat menarik membuat perusahaan yang di bangun oleh Nadim Makarim menjadi berkembang sangat pesat. Diantara produk-produknya adalah :


  1. Go-ride
  2. Go-car
  3. Go-food
  4. Go-mart
  5. dan Go Go lainnya
Go-food merupakan salah satu produk Go-jek yang sangat membantu di jaman milenial ini. kemudahan dalam memesan makanan serta pengantaran menjadikan Go-food sebagai fitur Go-jek yang sering digunakan diberbagai kalangan masyarakat.

Tapi siapa sangka, fitur yang sudah dirancang sedemikian rupa ternyata masih memiliki kekurangan (menurut saya). Berikut saya paparkan kekurangan yang dimiliki oleh Go-food

1. Harga Terkadang Tidak Update
    pihak gojek tidak memberikan dashboard kepada Merchantnya untuk memanage menu dan profil untuk merchant tersebut. Faktor yang mempengaruhi harga tidak update karena Merchant lupa memberikan menu update atau proses update yang lama oleh pihak Go-jek.

2. Merchant tutup driver beli di tempat lain dengan menu sama
    Dikarenakan yang mengambil orderan adalah pihak Driver, menyebabkan beberapa Driver melakukan kecurangan. Contoh kasus :

Seorang customer melakukan pembelian di Restaurant A dengan nama menu "Ayam Bakar".. Pada saat orderan diambil oleh driver dan driver sudah sampai Resto A, ternyata Tutup,, akhirnya si Driver membelikan menu "Ayam Bakar" di Restaurant yang berbeda agar bisa tetap mendapatkan point orderan. Setelah di belikan menu yang sama di resto yang berbeda lalu Driver mengantarkan ke Customer.. pada saat akhir bulan Restaurant A mendapatkan tagihan dari pihak Go-jek salah satunya adalah orderan pada saat Restaurant A tutup. Restaurant tetap mendapatkan tagihan walaupun tutup karena Driver telah menyelesaikan orderan tetapi membeli di tempat berbeda, pada saat order Complete tagihan tetap akan masuk ke Restaurant yang mendapatkan orderan.

Kurang lebih seperti itu, dan masih banyak lagi Contoh kasus-kasus lainnya.

Dukungan Payment Method yang hanya menggunakan Go-pay membuat customer tidak memiliki pilihan lain.. seperti pengguna BCA bisa menggunakan Sakuku.. Pengguna Mandiri bisa menggunakan E-Cash.. Doku Wallet.. CC.. dan lain lain.

Selebihnya akan saya jelaskan didalam Presentasi yang akan saya tampilkan dibawah ini.



0 comments:

Post a Comment