Wednesday 10 June 2015

Analisis Software dan Fitur Windows Server 2008

Analisis Software dan Fitur Pada Windows Server 2008


Mengenai Windows Server 2008 , saya sudah banyak memberikan tutorial tentang membuat windows server 2008, tapi kita belum tau kan apasaja aplikasi dan fitur yang ada pada windows server 2008, nah saya akan memberitahu fitur-fitur yang terdapat di windows server 2008, 

yuk kita simak

Fitur Windows Server 2008
2008 :
  1. Virtualization Hyper-V. Adalah fasilitas virtualisasi yang sangat kuat dengan manajemen teknologi jaringan, memungkinkan untuk dilakukan proses virtualisasi dimana kecepatan virtualisasi hampir sama dengan sistem operasi yang tanpa virtualisasi.
  2. Internet Information Services (ISS) 7. Adalah media baru dari WS 2008 yang dapat digunakan sebagai web server. Kemampuannya yang handal menyediakan design modular dan instalasi yang meningkatkan keamanan ketika menggunakan ISS 7.
  3. Windows Server 2008 Server Core. Fasilitas baru yang pastinya tidak pernah kita temukan pada WS 2000 dan 2003 sebelumnya. Fasilitas ini memungkinkan pengguna melakukan manajemen jaringan melalui Command-Line, dalam artian tanpa GUI. Dengan adanya Fasilitas tambahan ini, dapat meminimalisir proses kerja Sistem.
  4. Server Manager. Layanan modeling language platform digunakan untuk mempermudah admin jaringan dalam melakukan instalasi, konfigurasi, dan penghapusan role. Dengan adanya fitur ini, akan mempermudah dan merampingkan common server dalam melakukan konfigurasi pada jendela yang terbuka.
  5. Read Only Domain Controller (RODC). Merupakan fasilitas yang dirancang untuk keamanan pada domain controller, memungkinkan pengguna melakukan pengaturan walaupun dalam sebuah jaringan client server skala kecil. RODC memungkinkan melakukan pengaksesan dengan batasan perizinan yang akan didelegasikan kepada pengguna lokal, untuk mengelola RODC tanpa memberikan tambahan izin pada domain.
  6. Network Access Protection (NAP). Fitur ini memberikan keamanan dalam manajemen komputer client server, serta mempunyai komponen dan layanan yang mencegah pengakses komputer dalam suatu organisasi jaringan.Windows Deloyment Service (WDS). Merupakan remove virtualisasi, dimana dalam proses instalasi sistem operasi dapat dijalankan dengan remot kontrol di jaringan secara bersama-sama.
  7. BitLocker Drive Encryption
  8. Address Space Layout Randomization (ASLR)
  9. Microsoft .NET Framework 3.0, seperti Windows Communication FoundationMicrosoft Message Queuing(MSMQ), dan Windows Workflow Foundation (WFW)
Fitur baru pada windows server 2008 :
  1. Server Manager. Perangkat utama manajemen windows server 2008 yang lebih teratur, konsisten dan efisien.
  2. Windows powershell. Tersedia didalam windows server 2008 dan merupakan yeknologi favorit bagi para administrator windows yang bekerja dengan command line.
  3. Remote Server Administration Tools ( RSAT ) untuk mengakses computer – server remote
  4. Windows Remote shell ( WinRS ) berguna untuk menjalankan command line computer remote dengan computer local.
  5. Windows System Resource Manager ( WSRM ). WSRM tersedia pada windows server 2008 sebagai perangkat manajemen yang mengatur alokasi CPU untuk process, aplikasi dan service
  6. Performance and Reliability Monitor untuk menyederhanakan pemantauan dan pencatatan performa dan status server.
Aplikasi Windows Server 2008 :
  1. Adobe Reader
  2. Java
  3. Apache Jakarta TomCat
  4. Microsoft Exchange Server
  5. Microsoft SQL Server
  6. Avast File Server Antivirus
Diatas adalah Update Fitur terbaru dari Windows Server 2008
makasih


2 comments: